Solo memang sebuah kota kecil namun memiliki ciri khas yang unik. Selain memiliki sejarah dan kebudayaan yang khas, kota Solo memiliki bermacam – macam kuliner yang sangat melegenda. Apabila Anda bepergian ke Kota Solo sangat disayangkan jika tidak mencicipi beberapa makanan khas solo berikut

1. Nasi Liwet

Makanan Khas Solo Nasi Liwet

Makanan Khas Solo Nasi Liwet

Nasi liwet adalah makanan khas Solo paling terkenal di antara varian kuliner lainnya. Hidangan tradisional ini terdiri dari nasi gurih plus tambahan sayuran jipang, daging ayam, telur, santan kental (kumut), opor, dan diletakkan di atas daun pisang. Penyajian alasnya pun tak kalah unik. Daun pisang sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya bentuknya menyerupai kerucut atau dikenal dengan istilah pincukan.

2. Selat Solo

Makanan Khas Solo Selat Solo

Makanan Khas Solo Selat Solo

Makanan khas Solo ini terdiri dari irisan daging menyerupai steak, telur, potongan buncis, wortel, dan kentang yang disiram kuah semur. Kata ‘selat’ sendiri konon berasal dari lafal Jawa untuk ‘slaatje’, kata Belanda yang berarti dari salad.

Selat solo sebagai makanan khas solo pada perkembangannya disajikan terdiri dari empal khas Jawa dan telur rebus, dilengkapi bahan-bahan seperti buncis rebus, wortel rebus, kentang goreng dan daun selada, sebagai ciri khas steak atau bistik. Jadi seperti itu sejarah selat solo yang menjadi makanan khas Solo. Jadi jika kebetulan mampir di Solo dan mencicipi hidangan ini, jangan lupa sejarahnya juga ya.

3. Timlo

makanan khas solo timlo solo

Makanan khas solo timlo solo

Timlo adalah makanan khas solo yang berisi daging ayam, ati ampela, sosis goreng, serta telur pindang. Sosis goreng di sini bukan sosis biasa yang terbuat dari daging sapi, namun makanan berbalut kulit lumpia yang dilipat seperti martabak dan digoreng. Isiannya berupa suwiran dada ayam yang nikmat.

Salah satu tempat paling legendaris untuk menikmatinya, ada di Warung Timlo Sastro yang terletak di sudut belakang Pasar Gede Solo. Warung ini menjadi yang paling legendaris, karena sudah ada sejak tahun 1958, dan rasanya tetap tidak berubah alias tetap enak sampai sekarang!

4. Serabi Notosuman

Serabi merupakan camilan khas Indonesia yang memiliki beragam versi. Namun yang paling terkenal adalah serabi dari Bandung dan juga Solo. Beda keduanya, serabi Solo lebih tipis dibandingkan dari Bandung. Kali ini kita akan membahas mengenai salah satu makanan khas solo yaitu serabi notosuman yang sangat melegenda.

makanan khas solo serabi notosuman

Makanan khas Solo serabi Notosuman

Nama Serabi Notosuman berasal dari nama jalan di tempat pertama kali kios serabi legendaris ini dibuka yaitu Jalan Notosuman yang kini berganti nama Jalan Moh. Yamin. Serabi notosuman cenderung tipis dan lembut serta rasa santannya kuat. Selain itu salah satu ciri dari makanan khas solo yang satu ini adalah kemasan yang menggunakan daun pisang untuk menggulung serabi.

Serabi Notosuman Oleh Oleh Khas Solo yang Paling Banyak dicari 

Untuk para travellers sudah siap untuk menikmati makanan khas solo diatas? Jangan khawatir , masih banyak pilihan kuliner lainnya yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

 

  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.
0

Your Cart