Solo merupakan daerah di Surakarta yang sangat kental dengan budaya jawa. Siapa yang tidak pernah mendengar kota Solo yang mempunyai ciri khas batik nya ini? Selain memiliki banyak sekali kebudayaan jawa solo juga memiliki tempat wisata yang sayang jika anda lewatkan. Beberapa tempat wisata di Solo yang terkenal diantaranya :

1. Taman Sriwedari

Taman Sriwedari merupakan kompleks pertamanan yang sudah ada sejak era kepemimpinan Pakubuwana X. Tempat ini biasa digunakan untuk menggelar  hiburan rutin Malam Selikuran untuk rakyat solo dan sekitarnya. Selain itu di taman ini terdapat Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari yang sering menampilkan pagelaran wayang orang. Untuk Anda dan keluarga yang saat ini sedang di Solo , jangan lewatkan mengunjungi taman budaya sriwedari ini.

2. Keraton Surakarta

keraton Surakarta merupakan sebuah kerajaan Jawa yang memerintah beberapa abad yang lalu telah menjadi ikon Kota Solo. Kerajaan yang bernama Keraton Kasunanan memiliki luas area sekitar 54 are dan banyak koleksi patung, senjata dan pusaka kerajaan.

Selain keindahan bangunan keraton, Keraton Kasunanan Surakarta juga menawarkan wisata warisan budaya seperti upacara adat, tarian sakral dan musik diantaranya adalah yang terkenal adalah sekaten dan malam Suro. Sekaten adalah upacara perayaan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad selama 7 hari dan pada hari terakhir ditutup dengan Gunungan Mulud. Satu bulan sebelumnya juga diselenggarakan pasar malam Sekaten di area alun-alun utara keraton. Berbeda dengan Sekaten, Malam Suro adalah memperingati tahun baru menurut kalender Jawa. Perayaan ini ditandai dengan Kirab Mubeng Beteng dengan membawa pusaka keraton termasuk kerbau pusaka Kyai Slamet.

3. Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman juga menjadi pusat batik tertua di Kota Solo yang berlokasi tidak jauh dari jalan utama Slamet Riyadi. Kampung Batik Kauman dulunya adalah pemukiman kaum abdi dalem Keraton Kasunanan dengan mempertahankan tradisi dengan cara membatik. Dibandingkan dengan Laweyan, batik Kauman lebih menampilkan motif batik klasik yang didasarkan pada pakem atau standar keraton. Bisa dikatakan motif batik Kauman lebih merepresntasikan motif batik yang dikenakan di Keraton Kasunanan.

Terdapat lebih dari 30 industri batik di Kampung Batik Kauman sehingga Anda memiliki banyak pilihan untuk membeli batik Solo di tempat ini.Selain itu pengunjung dan penjual batik bisa berinteraksi dan bertransaksi langsung dengan mengunjungi rumah industri batik mereka dan melihat proses produksi batik serta belajar membatik.

Selanjutnya apakah anda tertarik untuk mengunjungi kota Solo?

  • Sign up
Lost your password? Please enter your username or email address. You will receive a link to create a new password via email.
We do not share your personal details with anyone.
0

Your Cart